Skip to main content

[Sharing Experience] Jalan-jalan ke Luar Negeri dengan Balita

Hallo CMB-ers semuanya? Gimana kabarnya? Aduh aku minta maaf banget nih baru bisa mulai menulis lagi. Padahal rasanya pengen gitu yah sharing seminggu sekali. Apa daya karena satu dan lain hal jadi baru bisa nulis lagi nih. Tapi gpp yah yang penting sekarang kita bisa sharing lagi disini.

Okay CMB-ers semuanya, jadi kali ini aku mau sharing pengalaman aku yang baru aja jalan-jalan dengan anakku yang baru berusia 3 (tiga) tahun ke luar negeri dalam cuaca yang sedang winter dan ini adalah perjalanan Casselyn pertama kalinya ke luar negeri dengan flight direct selama 7-8jam. Lebih excited-nya lagi, kami berangkat hanya berdua loh karena Papahnya gk bisa cuti. Walaupun sebenarnya gk berdua banget sih karena aku berangkat dengan tour dari kantor. Tapi sebisa mungkin aku berusaha untuk tidak menyusahkan yang lain yang juga ingin liburan. Paling ya sesekali kalau udah bener-bener gk bisa minta tolong bawain sesuatu. Itu udah sangat membantu disaat-saat seperti itu. Cukup untuk intronya, aku mulai ya ceritanya.

Jadi, cerita kenapa aku bisa ajak anakku liburan ke luar negeri di mulai dari, acara celebration kantor ku yang harusnya berangkat ke Turkey di batalkan karena sempat ada peperangan dan Turkey merupakan salah satu negara perbatasannya. Walaupun tidak terjadi apa-apa, namun namanya Celebration, kantor maunya happy-happy tanpa meninggalkan kecemasan kepada keluarga di rumah. Akhirnya setelah voting dan proses yang cukup panjang, akhirnya dipilihlah Korea Selatan. Nah untuk Korea Selatan sendiri aku sudah pernah mengunjunginya 2x dan bahkan yang terakhir itu aku 10 hari tanpa tour jadi udah lumayan puas disananya. Dan alasan terakhir kenapa aku menetapkan hati untuk mengajak anakku ikut adalah karena perjalanan tersebut mengenai tanggal ulang tahun anakku. Jadi rasanya feeling guilty kalau harus meninggalkannya. Kuputuskan lah untuk mengajak Casselyn dan kumasukkan namanya ke tour yang akan membawa kami.

Selanjutnya berikut hal-hal yang aku mulai persiapkan sebelum berangkat :
1. Foto Visa
Setelah melihat syarat-syarat yang harus dipersiapkan, aku pun mulai menyicil dengan Foto Visa. Setiap negara punya ketentuan yang berbeda-beda mengenai foto visa ini jadi pastikan background, ukuran, senyum, dan telinga yang sesuai dengan ketentuan negara yang dituju. Nah di foto visa ini Casselyn pinter banget fotonya, senyum dan melihat kamera. Manis bgt, beda dengan foto passpor nya yang melongo 😂. Ini berhasil sih setelah aku bilang, kita mau foto untuk ke Korea loh, Casselyn senyum yang cantik ya. Dan ternyata itu berhasil yeayyyy...

2. Surat Pernyataan
Selain foto visa, syarat lainnya yang harus dibuat adalah surat pernyataan. Cuma karena aku pakai tour, jadi formnya sudah disiapkan mereka jadi aku tinggal isi untuk ku dan anakku.

3. Perlengkapan Musim Dingin
Untuk perlengkapan musim dingin ini, aku sistem belanjanya sih nyicil yah. Jadi ketemu yang bagus dengan harga yang oke aku beli. Jadi gk dibeli langsung dalam satu waktu atau ngotot nyari sampai dapat. Karena biasanya kalau nyarinya khusus suka gk dapat dan juga terkadang di tempat-tempat berbeda bisa dapat model yang lebih bagus dan atau harga yang lebih bagus. Namun dengan sistem belanja seperti ini, jangan sampai kebablasan ya CMB-ers. Harus tetap sesuai dengan list yang sudah disiapkan di awal. Untuk perjalanan Casselyn kemarin ke Korea selama 6 hari 4 malam, aku membawa 2 coat, 2 sepatu, 3 pasang kaos kaki, 8 pasang baju celana hangat, 3 pasang longjhon, 2 pasang sarung tangan, 2 topi, dan syal.

4. Alat Bantu
Alat bantu yang aku maksud disini adalah segala hal yang mempermudah mobilisasi CMB-ers selama perjalanan. Kalau aku kemarin bawa micro trike yaitu semacam stroller roda 3 gitu. Karena aku cuma berdua aja jalannya dengan Casselyn, walaupun dengan rombongan kantor tapi aku gak mau ketergantungan atau merepotkan orang lain, jadi sebisa mungkin aku membuat segala sesuatu bisa aku kerjakan sendiri. Micro trike ini keunggulannya adalah sangat mudah untuk dibuka dan ditutup, kecil sehingga gampang disimpan dimana saja. Tapi kekurangannya kalau Casselyn lagi tidur, kami gak bisa kemana-mana 😅Tapi karena emang aku sudah tau akan ada resiko ini, jadi aku bawa santai aja duduk di tempat yang tersedia.

5. Obat-obatan
Sebelum berangkat, aku nyiapin obat-obatan untuk ku dan Casselyn. Baik obat-obatan yang rutin dikonsumsi, dan juga obat-obatan untuk penyakit yang mungkin terjadi selama disana.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggupun tiba. Kami berangkat malam sekitar hampir jam 12 malam. Menurutku jam penerbangan itu juga wajib dipertimbangkan jika bepergian dengan balita agar ketika dipesawat, si anak bisa tidur. Dan benar saja, selama perjalanan Casselyn tidur dan bangun ketika kami sudah mendarat di Incheon, Seoul. Sesampainya disana kami harus menunggu agak lama karena micro trike Casselyn tak kunjung keluar ditempat pengambilan bagasi, karena ditangani khusus jadi keluarnya juga dibedakan dengan bagasi lain yang masuk ketika proses check in. Sedangkan micro trike Casselyn masuk di depan pintu keberangkatan. Tapi akhirnya dapat, dan segera aku naikkan Caselyn ke atas karena sepertinya dia sudah agak kelelahan tidur dengan posisi duduk di pesawat.

Setelah Bus kami datang, kamipun keluar dari bandara menuju Bus. Cuaca cerah saat itu, tapi setelah kami keluar ternyata sangat dingin sehingga aku masuk lagi sebentar untuk pakai coat ku, kalau Casselyn sudah aku pakaikan coat sebelumnya. Dan kamipun melakukan perjalanan menuju tempat makan. Sampai di tempat makan, Casselyn gak mau dipakaikan sarung tangan ketika mau turun. Karena tangan coat-nya panjang jadi aku pikir gak apa atau dimasukin ke kantong. Eh ternyata Casselyn benar-benar kedinginan saat ini, akhirnya aku gendong dia agar semakin hangat sampai di restoran.

Hari demi hari kami lalui dengan sangat menyenangkan. Casselyn bisa diajak kerjasama saat perjalanan ini dengan catatan di kasih brief dulu sebelumnya 😂. Selama perjalanan dia sangat ceria, ditempat-tempat wisata juga. Paling kendalanya adalah jika kita berangkat dengan travel, pasti jadwalnya sudah ada, padat, dan ketat. Sehingga dari satu tempat ke tempat lain itu membutuhkan waktu sekitar 45-60menit dan terkadang membuat Casselyn ngantuk. Nah ketika dia baru tertidur, kamipun sampai ditempat tujuan, disaat inilah Casselyn agak rewel karena dibangunkan dari tidur nanggungnya. Terkadang kalau benar-benar tidak bisa diajak turun, aku tetap di bus saja menunggu yang lain.

Banyak pengalaman yang sangat berkesan selama perjalananku dengan Casselyn ini. Karena aku harus menyiapkan semuanya sendiri. Karena perjalanan kami Seoul-Bussan-Seoul, kami harus berpindah dari 1 hotel ke hotel lainnya. Ini juga tantangan karena harus beresin koper beberapa x. Biasanya aku akan siapkan semuanya setiap malam baik untuk koper besar dan juga tas backpack untuk perlengkapan Casselyn. Banyak quality time juga yang kami lalui seperti setiap malam sehabis capek jalan seharian, kami berendam air hangat bareng di bath up sambil cerita-cerita. Walaupun masih berumur 3 tahun, Casselyn nyambung juga diajak cerita 😍. Sampai dimalam terakhir kami di Seoul, kami diberikan waktu bebas untuk berbelanja di Dongdaemun. Namun kami harus berjalan lumayan jauh. Agar Casselyn gak rewel, aku mengajaknya menyanyi sepanjang jalan sambil bercanda. Lalu waktu di tempat belanja, Casselyn juga ikut memilih-milih barang yang dia suka sehingga dia makin bahagia sambil berkata "thank you Mamah, I Love You". Duh hati mama-mama mana sih yang gak meleleh dengar kata-katanya. Kemudian aku ada singgah disalah satu brand kosmetik Korea. Mbak-mbak SPG nya ramah banget, ketika aku lagi memilih-milih, dia siapkan make up yang aman untuk anak-anak agar si anak tenang selama menunggu. Setelah melakukan pembayaran, akupun melihat jam dan ternyata sudah larut malam dan kalaupun mau belanja lagi, tanganku sudah gak sanggup untuk membawa belanjaan lainnya. Jadi seperti yang aku ceritakan di awal, pada perjalanan ini aku gak ada keinginan yang banyak misalnya beli ini beli itu, ngunjungi ini ngunjungi itu tapi lebih ke jalan bareng sama Casselyn. Jadi aku dan Casselyn pun perjalanan pulang dan harus melewati banyak anak tangga. Karena sudah ada lumayan banyak belanjaan dan juga micro trike harus di tenteng ketika di tangga, aku gk bisa gendong Casselyn. Jadi Casselyn harus jalan sendiri, tapi aku bawa fun lagi dengan cara berhitung dan bernyanyi serta sesekali memberikan pujian ke dia seperti "wah Casselyn hebat banget, keren!" Akhirnya kami sampai di hotel dan ternyata aku belum beli camilan Korea untuk oleh-oleh. Akhirnya aku bujuk Casselyn untuk mau keluar lagi sebentar. Sepertinya dia agak capek, tapi ketika aku minta tolong, dia mau keluar lagi. Jadi aku beli di mart dekat hotel saja. Sampai di hotel, aku langsung packing-packing tuntas karena besok dini hari harus perjalanan pulang. Ketika sudah mau selesai packingnya, aku siapkan air hangat di bath up dan menyuruh Casselyn untuk berendam lebih dulu. Setelah itu aku menyusul. Fiuhhhh capek banget dihari terakhir ini, karena dihari ini tadi juga, kami selesai main sleight. Ketika sedang berendam, aku bilang ke Casselyn. Dek, mamah boleh minta tolong? Lalu dia menjawab, apa mah? Besok kan kita mau pulang, jadi harus bangun pagi-pagi. Nanti kalau adek mamah banguning jangan nangis ya Nak, please... Dia pun menjawab, oke mah. Aku kaget dan berkata bener ya? Dan dia berkata, iya betul. Akhirnya disitulah terbentuk gerakan janji Korea kami yang sampai saat ini kami gunakan.

Beberapa hal yang aku dapatkan selama perjalanan ini antara lain :
1. Sebenarnya anak itu walaupun kita anggap masih kecil dan belum mengerti apa-apa, ada baiknya kita memberikan pengertian ataupun penjelasan yang sebenarnya karena di dalam otak kecerdasannya akan tetap memproses dan mengartikan yang kita maksud. Jadi jangan perlakukan dia seperti orang yang tidak bisa mengerti.
2. Quality time itu sangat penting untuk menjalin rasa sayang yang semakin kuat satu sama lain.
3. Utamakan hal positif yang bisa didapatkan ketimbang rasa takut yang menghantui.

Sebenarnya masih banyak banget sih yang pengen aku bagikan ke CMB-ers semuanya. Cuma takutnya nanti malah kepanjangan. Nanti kalau aku jalan-jalan lagi dengan Casselyn dan menemukan hal baru untuk di share, pasti aku share lagi yah.

Terima kasih semuanya yang udah mau baca sharing dari aku. Kalau CMB-ers ada punya pengalaman atau ada yang mau ditanyakan, boleh tinggalkan pesan di kolom komentar yah. Karena sharing is Caring 💝

💝Aprina 💝

Comments

1. baby nya keliatan happy banget mom padahal pake baju berlapis lapis yaah . anakku paling udah berontak itu haha

Replies
    1. iya Mom itu pakai 3 lapis. Tapi mungkin anaknya mikir daripada kedinginan juga dan karena semangat mau jalan-jalan juga :)

Delete
  2. This comment has been removed by the author.

ReplyDelete
  3. Wah seru sekali ya mom dan terimakasih atas sharingnya berguna sekali untuk ibu baru seperti aku 😁

1. iya mom seru. Selamat berlibur dengan keluarga Mom

Delete
  4. keren banget mom bawa anak seorang diri ajak ke luar negeri pula beberapa hari, strong mom banget sih salut

5. Bermanfaat sekali tipsnya mom. Terima kasih sharingnya

6. Bersepakat dengan anak itu perlu banget emang, mom. Meskipun anak masih balita, tapi mereka udah bisa kok diajak bersepakat.

7. Lebih recommended mana mom pergi jalan2 sama tur atau sendiri? Tahun lalu aku ke jepang berdua anak, nyusul suami. Aduh itu rempong banget naik kereta kemana2 haha. Tapi kl tur takutnya ngerepotin orang dan bikin lambat grup.

Replies
    1. kalau menurutku semua ada plus minus nya ya Mom. Enaknya kl sendiri, jadwalnya bisa ngikut keinginan kt. Jd pilihannya kt mau dpt byk apa gk. Kl tour pastinya jadwal bener2 ketat tp kt tinggal duduk manis dapat byk tempat. Tp emg bener mom ada ketakutan buat lambat group jd aku kemarin siasati sebelum waktunya udah balik lebih dahulu ke bus mom. Jd gk pernah ketinggalan sm sekali

8. Aq save ahhh.. mumpung lom pernah jalan2 keluar neehhh :) wkwkwk

ReplyDelete
  9. Mau jalan2 tapi mumpung baby moon haha.. tapi masih belum berani keluar nih mom gara2 corona hehe

Replies
    1. iya mom semoga badai ini segera berlalu dan bs liburan yah :)

Delete
  10. Ahhh jadi inget aku belum nulis pengalaman jalan-jalan ke Jeju. Duh pengen deh balik lagi ke South Korea.. 😍😍

ReplyDelete
  11. Nice share Mommie...jadi ada gambaran nih aku, buat persiapan ke luar negeri kalau bawa balita ❤

12. Wahhh jadi ilmu yang bermanfaat ni :) makasi ya mom

13. Hai mom tengkyu sharing nya yaa..pasti sng bnget nihh bisa ajak anak ke LN pas moment nya. Mom pakai sounding juga kah ke anak kl mau ketempat baru bagi anak?

Replies
    1. iya mom kalau aku bilang kalau mau ke Korea. Disana dingin dan ada salju dll mom. Buat dia excited jd waktu berangkat bersemangat

Delete
  14. Kisahnya sangat inspiratif Mom. Semoga sehat selalu bersama keluarga kecil 🤗 sesama perempuan saya merasakan hal yang sama bahwa kita harus tetap berdaya dan melakukan hal-hal baru yang bermanfaat