Skip to main content

[Event Review] Hair Lost Treatment : During & After Pregnancy

Holla CMB-ers semuanyaaa~
Haduh sudah lama sekali tidak menulis dikarenakan blog aku sempat error dan happy banget nih udah bisa sharing lagi ke CMB-ers semuanya πŸ’

Langsung aja ya aku mulai sharing-nya. Jadi beberapa saat yang lalu aku diundang oleh Smartmama.com dan juga Mylea di acara sharing moment dengan mengangkat topik Hair Lost Treatment : During & After Pregnancy. Nah di acara ini aku dapat banyak banget informasi penting mengenai kerontokan rambut selama hamil dan setelah melahirkan loh. Dan banyak banget mitos yang beredar selama ini yang sudah mendarah daging sehingga sudah dianggap fakta 😱.

Kerontokan rambut merupakan momok terbesar seorang wanita yang sedang hamil dan juga sehabis melahirkan setelah kelebihan berat badan yah CMB-ers πŸ˜…. Ayo siapa disini yang masih banyak PR sama berat badan sehabis melahirkan? Aku satu dari kalian CMB-ers 😭. Nah nggak habis hanya PR itu ternyata ada PR selanjutnya yaitu kerontokan rambut. Namun ternyata di acara ini dijelaskan kalau kerontokan rambut merupakan proses yang normal dalam kualitas tertentu. Asal dalam kuantitas yang normal juga. Kuantitas dari kerontokan ini lah yang selama ini kurang kita perhatikan.

Narasumber pertama yang diundang oleh Smartmama.com dan Mylea kali ini adalah dr. Rahma Evasari, SpDV yang merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin di RSIA Tambak.

Pada kesempatan kali ini dr. Rahma menjelaskan fase-fase dari pertumbuhan rambut mulai dari fase Anagen yang merupakan masa pertumbuhan rambut secara aktif. Masa ini berlangsung 3-5tahun. Kemudian dilanjutkan ke masa Catagen atau disebut dengan fase transisi rambut mulai menuju pori kulit sedangkan papila mulai terpisah dari folikel. Masa ini berlangsung 1-2minggu. Selanjutnya adalah fase Telogen, pada saat ini Papila sudah benar-benar terpisah dari folikel. Masa ini berlangsung 2-4bulan. Selanjutnya adalah fase Anagen yaitu fase dimana rambut lama akan rontok atau meninggalkan pori kulit.

Seperti yang aku jelasin di atas kalau kerontokan rambut merupakan hal yang normal, namun kita harus perhatikan penyebab dari kerontokan tersebut. Kerontokan rambut bisa terjadi karena hormon, stres pada tubuh, atau kondisi/penyakit yang menyertai kehamilan. Ayo ada yang pernah dengar nggak kalau anaknya main ludah, menyebabkan rambut Mama nya rontok? Menurut CMB-ers itu mitos atau fakta yah? Ternyata itu fakta ya CMB-ers karena sebenarnya bukan anak main ludahlah penyebab rambut Mama rontok melainkan pada usia anak sedang main ludahlah hormon Mama mencapai puncak sehingga rambut Mama harus rontok 😜. Jadi mulai berhenti untuk menyalahkan anak main ludah ya CMB-ers 😁. 

Kategori kerontokan rambut yang normal adalah 50-100 rambut per hari. Dan berikut merupakan siklus rambut :
Trimester pertama -> stres pada tubuh -> ketidakseimbangan hormonal -> 30% rambut ke fase telogen/istirahat -> yang rontok bertambah menjadi 300 rambut per hari

Kerontokan ini tidak terjadi begitu saja karena bisa berlangsung selama 2-4 bulan sampai tampak tipis. Setelah melahirkan kerontokan rambut ini dapat berlangsung tidak lebih sampai 6 bulan (tidak permanen). Jika kerontokan lebih dari 6 bulan, maka CMB-ers wajib untuk melakukan observasi selanjutnya dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Berikut hal penting yang harus diperhatikan dalam kerontokan rambut yaitu kerontokan rambut disebabkan oleh telogen effluvium yang umumnya mengalami penipisan yang seragam. Apabila pitak atau botak yang lebih dramatis, hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor genetik, autoimun, atau trauma antara lain : perawatan/treatment kecantikan yang berlebihan, sering diikat, perawatan yang kasar.

Selanjutnya dr. Rahma menjelaskan bahwa tidak ada tatalaksana khusus yang harus dilakukan dalam penanggulangan kerontokan ini karena biasanya akan pulih kembali dalam 3-6bulan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dilakukan yakni melakukan pengecekan kadar besi dan tiroid, berhenti merokok, makan sehat dan bervariasi tentunya yang mengandung besi dan protein seperti buah dan sayur segar, suplemen yang dikhususkan untuk ibu menyusui, serta produk perawatan rambut yang menguatkan akar rambut.

Pencegahan untuk kerontokan rambut sendiri dapat/tidak dapatnyabergantung pada penyebabnya. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan kerontokan rambut :
- Diet yang sehat dan seimbang
- Obat/suplemen yang direkomendasikan atau didapatkan dari dokter 
- Hindari mengikat rambut terlalu kencang yang dapat menarik rambut
- Cuci rambut dengan lembut 
- Gunakan sisir bergigi jarang
- Biarkan rambut beristirahat misalnya dengan tidak melakukan curling irons, hot oil, dll

Pembicara selanjutnya adalah dari influencer mom yaitu Miss FaustinaSoe. Pada kesempatan tersebut Miss Faustina menceritakan tentang kegalauannya dalam menghadapi mitos-mitos yang beredar seperti tidak boleh warna rambut, anaknya yang main ludah dan pastinya kerontokan rambut yang ia hadapi. Setelah melahirkan kerontokan yang ia hadapi pun semakin menjadi dan ia sudah mencoba berbagai macam shampoo untuk mengurangi rambut rontoknya. Akhirnya ia merasa cocok dengan shampoo yang merk nya Mylea. 



Apa sih Mylea ini? Apakah cuma aku yang kuper (kurang pergaulan) jadi belum kenal sama produk ini? Sudah santer terdengar tapi belum pernah berani mencoba karena sudah terbiasa gagal eaaa 😜. CMB-ers disini ada yang udah tau atau udah nyoba Mylea belum? 

Nah narasumber selanjutnya merupakan stylis dan juga technical hair manager dari Mylea yaitu Cah Ayu, yang akan mengupas tuntas tentang Mylea.

Cah Ayu memulai sharingnya dengan menyebutkan masalah-masalah rambut itu ada apa aja sih? Ia pun mengkategorikan menjadi 3 :
1. Stress :
    - adalah rambut yang selaputnya sudah terlepas
    - rambut yang terlihat kering dan kusam
    - jika diraba kasar
    - rambut sulit diatur
2. Rontok :
    - rambut yang terlepas dari kantong rambut (Hair folikel)
    - jika rambut terlepas kurang dari 100 helai/hari masih NORMAL
    - cara mengecek rambut rontok adalah dengan menarik segenggam rambut, jika 5 helai artinya rambut tersebut dalam kategori rontok
3. Ketombe :
    - adalah pengelupasan sel kulit mati yang ada di kepala
    - rasa gatal dapat timbul disebabkan oleh jamur MALASSEZIA
    - ketombe dapat terlihat secara kasat mata berupa, titik-titik putih maupun kecoklatan pada kuli kepala

Jadi apa sih penyebab dari masalah-masalah rambut tersebut?
1. Penyebab rambut stress :
    - Proses kimia, seperti pengeritingan, pelurusan, pewarnaan
    - Perlakuan sehari-hari, sinar UV, penggunaan alat styling (tanpa protector), menyisir rambut dan menggosok rambut saat basah.
2. Penyebab rambut rontok
    - hormonal
    - sakit
    - stress
    - usia
    - mengikat rambut terlalu kencang
    - penggunaan kosmetik yang tidak cocok
3. Penyebab Ketombe :
    - kulit kepala kotor
    - penularan
    - kosmetik yang tidak cocok

Jadi apasih Mylea? Cah Ayu menerangkan bahwa Mylea adalah rangkaian perawatan rambut dengan teknologi " Hairceutical & Silicon Free" yang terdiri dari 3 rangkaian yaitu :
- Cleanse (Shampoo)
- Treatment (Daily Instant Hairmask)
- Rest (Hair Tonic)
yang mana rangkaian perawatan tersebut untuk mengatasi masalah rambut stress, rontok, ketombe yang dijelaskan di atas.

CMB-ers disini ada yang tau nggak apa itu Silicon Free? Aku juga baru tau banget nih di acara ini apa itu Silicon Free. Silikon berfungsi untuk melembutkan dengan cara kerja menutupi lapisan rambut sehingga rambut menjadi lebih berat, halus, dan berkilau. Efek dari silikon itu sendiri adalah jika digunakan dalam jangka panjang, mengakibatkan penumpukan lapisan rambut, sehingga menggangu penyerapan nutrisi yang mengakibatkan rambut menjadi kering, rusak, bercabang, ketombe, dan rambut menjadi patah (rapuh).

Mylea dengan teknologi "Hairceutical & Silicon Free" mengandung bahan aktif yang AMAN dan TERBUKTI EFEKTIF untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Mylea terdiri dari 2 series yaitu :
1. Intensive
    Series ini digunakan untuk rambut dengan masalah rambut tertutup, rapuh, diwarnai, pelurusan, keriting, dan sering di catok. Series ini mengandung ekstrak CHAMOMILE sebagai anti inflamasi akibat kulit kepala sensitif, untuk meredakan dan menyehatkan kulit kepala tanpa membuat kulit kepala berminyak dan HORSETAIL secara alami yang memperkuat batang rambut dan memberikan nutrisi agar lebih lentur.

2. Gingseng
    Series ini digunakan untuk rambut tipis dan rontok. Series ini mengandung ekstrak GINSENG yang kaya akan nutrisi yang dapat mengurangi kerontokan serta membantu pertumbuhan sekaligus memperkuat akar rambut.

Cara pakai Mylea yang diajarkan oleh Cah Ayu antara lain :
1. Cuci rambut dengan Shampoo, lalu bilas hingga bersih. Shampoo tidak perlu banyak, secukupnya saja untuk meng-cover akar rambut. Sedangkan akar rambut tidak perlu diberikan shampoo jadi bisa menggunakan busa dari pengaplikasian shampoo di akar rambut.
2. Gunakan Daily Hairmask, pada seluruh barang rambut, diamkan 2-5menit lalu bilas hingga bersih.
3. Gunakan Hairtonic pada kulit kepala, pijat perlahan 1-2menit.
Dan rambut pun siap di styling.

Dan diakhir acara, aku mendapatkan produk dari Mylea karena berhasil menjawah kuis benar/salah dari Smartmama.com yang nantinya setelah aku pakai, akan aku review lagi di blog aku ya CMB-ers.

Nah untuk CMB-ers yang punya pertanyaan atau mau sharing mengenai kerontokan rambut, seperti biasa boleh comment di bawah ini ya. Bahagianya bisa sharing lagi ke CMB-ers semuanya. Jangan lupa jargon kita ya CMB-ers "Sharing is Caring" πŸ’πŸ’πŸ’ Sampai ketemu di sharing aku selanjutnya.


πŸ’›πŸ’šAprinaπŸ’šπŸ’›




Comments

  1. Rambut aku sering rontok, makasih banget ada tips biar rambut ga gampang rontok

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Product Review] Usapan Hangat untuk Melindungi Sang Buah Hati

Hai CMB-ers semuanya? Apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan terus semangat ya. Pada kesempatan kali ini, aku mau sharing tentang parenting nih dimana sekarang anakku itu lagi dimasa aktif-aktifnya. Semua mau di explore, ada hujan pengen mandi hujan, tiap sore pengen mandi di kolam dan kalau udah mandi di kolam, susah banget ngajaknya udahan apalagi dengan cuaca yang nggak jelas sekarang ini, kadang panas, kadang hujan, sehingga ujung-ujungnya masuk angin deh. Kalau udah masuk angin pasti sebagai orangtua pasti kita nggak tega dong liatnya ya  πŸ˜”  Apalagi kl aku ngecek perutnya kembung gitu. Duh kita yang orang dewasa aja kalau mengalami hal kyk gitu pasti nggak nyaman bgt.   Kalau CMB-ers disini mengalami hal seperti itu, apa yang akan dilakukan oleh CMB-ers sekalian? Kalau aku sih sekarang udah punya senjata pamungkas yang bersama melindungi si kecil dari perut kembung. Dan aku tipikal orang yang nggak sembarangan dalam memilih perlengkapan bayi jadi sebelum aku menentu

[ Review Product ] Wangi Lembut dan Kesegaran Lebih Lama Bersama Downy

Holla CMB-ers semuanya? Apa kabar? Masih terus semangat kan yah? Setelah kemarin aku sharing mengenai senjata pamungkas aku untuk mengatasi perut kembung anak, sekarang aku mau kembali sharing tentang pengalaman aku dalam memberikan perlindungan kepada anak.   CMB-ers disini kalau untuk anak kayak aku nggak? Picky dan selalu memperhatikan apa yang akan digunakan, kandungannya seperti apa, aman untuk anak nggak, dan lain sebagainya. Apalagi yang berhubungan dengan kulit anakku yang cenderung sensitive dan mudah iritasi. Jadi apapun yang berhubungan dengan kulit, aku pasti sangat waspada. Selain itu, aku juga ingin anakku selalu nyaman dengan memperhatikan pakaian, selimut, dan lain-lain yang bersentuhan dengannya. Oleh karena itu, setiap membeli pakaian hal utama yang aku perhatikan adalah bahannya. Kalau bahannya sudah oke, barulah aku lihat model dan motifnya. Setelah terpilih lah pakaian tersebut, pastinya aku juga nggak mau sembarangan dong dalam merawatnya. Percuma dong udah pilih

[Product Review] Get-in-Shape with Clinelle Hot Body Cream

Hai CMB-ers semuanya… Apa kabar nih? Bagaimana cerita-cerita serunya dalam menjalani segala aktifitas di era New Normal ini? Pasti banyak cerita yah, mulai dari yang seru, keluh, kesah macem-macem deh. Pada kesempatan kali ini, aku juga mau berbagi sedikit cerita seru yang mungkin nantinya bisa jadi cerita seru CMB-ers juga.   Nah selama PSBB kemarin, pasti banyak banget dari kita yang di rumah aja dan melakukan aktifitas seperti menonton yang ditemanin dengan ngemil. Nggak terasa, lemak udah pada numpuk diberbagai area tubuh kita kan. Saat ini lagi pada gencar-gencarnya lagi nih pada olahraga-olahragaan. Mulai dari jogging, bersepeda, dll. Kalau aku sih sukanya jogging dan juga ikut Zumba online di rumah. Lumayan yah untuk bakar kalori min yang kita konsumsi sehari-hari hehe… Dan akan lebih lumayan lagi kalau sebelum kita mulai olahraga, kita pakai satu produk yang baru aku temuin nih CMB-ers. Nama dari produk ini adalah Clinelle Hot Body Cream. Aku baru tau banget produk ini karena a