Skip to main content

[Parenting] Mengapa Anak Harus Dikenalkan Berkompetisi?

Holla CMB-ers semuanya... Apa kabar? Aduh udah lama banget nih tidak berbagi kasih dengan sharing di CMB. Waktu memutuskan akan menulis kali ini, Aku sempat bingung mau menulis topik apa. Bingungnya sih bukan karena tidak ada topik, tapi karena kebanyakan topik yang ingin Aku bagikan ke CMB-ers semuanya.  Kali ini aku mengangkat topik "Mengapa Anak Harus Dikenalkan Berkompetisi?"

Ada gak CMB-ers disini yang senang atau sering mengikutkan buah hati dalam kompetisi online atau offline? Aku termasuk salah satu orangtua yang senang mengikutkan anak untuk berkompetisi. Pada kesempatan kali ini, aku pengen membahas kenapa aku senang anakku ikut kompetisi.

1. Sosial
    Dengan berkompetisi, anak akan bertemu banyak orang. Biasanya dalam kompetisi juga ada kategori, jadi bisa menambah teman dan mengajarkan anak berinteraksi kepada teman seumurannya. Dan biasanya, Aku juga sering mendapatkan teman baru dalam kompetisi anak. Jadi bisa berbagi cerita juga mengenai anak kami yang seumuran.

2. Keberanian dan Percaya Diri
    Dengan seringnya menghadapi banyak orang, baik peserta, juri, ataupun penonton, anak akan akan tidak takut lagi terhadap keramaian dan orang-orang asing disekitarnya . Selain itu, dengan sering tampil di atas panggung, semakin lama anak akan semakin percaya diri berinteraksi di atas panggung sehingga mereka tidak akan mengalami demam panggung lagi nantinya.

3. Mengenali kemampuan diri 
    Setiap mengikuti kompetisi, kita akan menemukan bakat anak, kadang bakat yang memang sudah terlihat sehari-hari bahkan terkadang dapat menemukan bakat-bakat terpendam lainnya. Tidak hanya itu, selain menemukan bakat, kita juga dapat memahami kelemahan dari anak atau batasan dari kemampuan anak kita. Sehingga kita dapat menarik kesimpulan, bakat apa yang harus diasah dan dikembangkan oleh anak dan tidak fokus untuk dapat melakukan sesuatu yang bukan bakat dan minat anak kita.
4. Mengajarkan anak kerja keras
    Dalam berkompetisi, pastilah ada yang menang dan ada yang kalah dan terkadang kita yang menang dan kadang kita yang kalah. Oleh karena itu, dengan berkompetisi anak juga mulai belajar jatuh bangun kehidupan, dimana kita tidak selalu berada di atas karena terkadang kita harus merasakan kesusahan juga, dimana segala sesuatu tidak selalu terpenuhi sesuai keinginan dan ekspektasi kita karena terkadang kita harus merasakan kesedihan untuk kekecewaan yang kita rasakan. Namun sewaktu kita sedih dan kecewa, kita jadikan itu menjadi batu loncatan kita untuk menjadi yang lebih baik lagi.

5. Tidak cepat merasa puas
     Ketika anak mendapatkan achievement ataupun prestasi, kita dapat mengajarkan anak agar tidak cepat merasa puas dengan hasil yang dia dapatkan. Namun tak lupa juga memberikan appreciate juga dong atas hasil yang dia peroleh. Namun tetap ajarkan untuk kembali mengintropeksi diri apa yang harus dia pertahankan dan apa yang harus dia perbaiki.

6. Membangun empati
    Dengan berkompetisi, anak kita akan berinteraksi dengan teman-temannya. Hal tersebut akan mengajarkan anak untuk lebih mengetahui, memahami, dan mengenal lawan bicaranya. Dan ketika menapatkan hasil dari kompetisi tersebut, anak dapat merasakan apa yang dirasakan oleh temannya juga. Apakah temannya merasa sedang sedih ketika tidak memenangkan kompetisi tersebut ataupun ketika temannya merasa senang ketika temannya yang menang dalam kompetisi tersebut. Tanamkan ke anak bahwa dia harus ikut senang ketika temannya menang bukan malah iri atas prestasi temannya dan juga ikut merasakan kekecewaan temannya ketika kalah bukannya mengejek atas kekalahan temannya. Lama kelamaan, anak akan terbangun dengan jiwa yang berempati baik terhadap sekitarnya.
7. Mengajar anak untuk bisa belajar menjadi yang lebih baik
    Seperti yang sudah aku singgung di atas, dengan berkompetisi, anak dapat selalu belajar menjadi yang lebih baik walaupun dalam keadaan menang atau kalah. Karena dalam keadaan menang, kita mengajarkan tidak boleh cepat merasa puas melainkan lebih mengasah kemampuannya dan juga ketika dalam keadaan kalah, kita dapat mencari apa kesalahan atau kekurangan anak untuk dapat diperbaiki. Bahkan kita bisa belajar juga dari teman ataupun peserta lain juga.

Sebenarnya mungkin masih banyak lagi manfaat dari berkompetisi ini. Namun yang dapat aku simpulkan hanya ke 7 point di atas. Oleh karena itu, besar harapan ku untuk semua CMB-ers yang mungkin punya masukan atau tambahan dari mandaat kompetisi, bisa berbagi dikolom komentar ya.

Oiya untuk aku pribadi, sudah mengenalkan anak ku berkompetisi sejak usia 8bulan. Dan seperti yang aku ceritakan di atas, kadang menang dan kadang kalah juga. Sebagai ibu baru banget nih, kadang suka sedihjuga ketika kalah. Tapi aku nggak mau menunjukkan kekecewaan dan kesedihanku ke Casselyn. Karena akan membuat dia patah semangat. Apalagi kalau dia sudah pernah juara dan naik ke panggung, terus dilomba lain, dia nggak menang dan melihat pemenang maju ke panggung dan mendapatkan piala. Aduhhhh hancur hati ini melihat tatapan sedihnya. Jadi kompetisi ini juga bisa bermanfaan untuk orangtua agar menjadi lebih kuat. Jadi bisa mengajarkan 7 point di atas ke anak.

Demikian sharing aku kali ini ke CMR-ers semuanya. Semoga bermanfaat yah...💝 Dan berikut sedikit foto-foto Casselyn ketika berkompetisi 😍 Karena terkadang rempongnya membawa si kecil lomba kadang tidak ingat untuk mendokumentasikannya 😅:

- Lomba Fashion Show Mom & Baby


- Lomba Bayi Merangkak






- Lomba Baby Dancing

Comments

Popular posts from this blog

[Sharing Experience] Jalan-jalan ke Luar Negeri dengan Balita

Hallo CMB-ers semuanya? Gimana kabarnya? Aduh aku minta maaf banget nih baru bisa mulai menulis lagi. Padahal rasanya pengen gitu yah sharing seminggu sekali. Apa daya karena satu dan lain hal jadi baru bisa nulis lagi nih. Tapi gpp yah yang penting sekarang kita bisa sharing lagi disini.
Okay CMB-ers semuanya, jadi kali ini aku mau sharing pengalaman aku yang baru aja jalan-jalan dengan anakku yang baru berusia 3 (tiga) tahun ke luar negeri dalam cuaca yang sedang winter ⛄dan ini adalah perjalanan Casselyn pertama kalinya ke luar negeri dengan flight direct selama 7-8jam. Lebih excited-nya lagi, kami berangkat hanya berdua loh karena Papahnya gk bisa cuti. Walaupun sebenarnya gk berdua banget sih karena aku berangkat dengan tour dari kantor. Tapi sebisa mungkin aku berusaha untuk tidak menyusahkan yang lain yang juga ingin liburan. Paling ya sesekali kalau udah bener-bener gk bisa minta tolong bawain sesuatu. Itu udah sangat membantu disaat-saat seperti itu. Cukup untuk intronya, aku …

[Product Review] Sensasi Mandi Parfum Bersama Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Holla CMB-ers, apakah kabar hari ini? Masih semangat teruskan? Atau lagi letih lesu menghadapi hari baik di rumah ataupun dipekerjaan? Kalau iya, sama nih, aku juga lagi agak letih lesu karena pekerjaan. Tapiii aku juga bersemangat untuk sharing informasi penting nih, mengenai bagaimana mana aku bisa release letih lesu aku. Aku mulai yah CMB-ers...
Kalian ngerasa gak kalau mandi air hangat itu memiliki manfaat untuk menenangkan pikiran? Biasanya kalau aku bener-bener banyak pikiran dan stress, aku berdiri di bawah shower dengan disirami air hangat. Gak tau kenapa, aku ngerasa sedikit banyaknya, aku merasa masalahku turun dari kepala ke kaki dan berkurang. Selain air hangat, yang bisa release letih lesu aku ada aroma wewangian. Yang menjadi kombinasi yang sangat perfect ketika aku mandi air hangat ditemani dengan Body Wash yang memiliki aroma yang aku sukai. Aku begitu addicted dengan parfum, jadi parfumku itu gak pernah sampai habis baru beli lagi tapi setiap nemuin aroma parfum yang…

[Product Review] Usapan Hangat untuk Melindungi Sang Buah Hati

Hai CMB-ers semuanya? Apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan terus semangat ya. Pada kesempatan kali ini, aku mau sharing tentang parenting nih dimana sekarang anakku itu lagi dimasa aktif-aktifnya. Semua mau di explore, ada hujan pengen mandi hujan, tiap sore pengen mandi di kolam dan kalau udah mandi di kolam, susah banget ngajaknya udahan apalagi dengan cuaca yang nggak jelas sekarang ini, kadang panas, kadang hujan, sehingga ujung-ujungnya masuk angin deh. Kalau udah masuk angin pasti sebagai orangtua pasti kita nggak tega dong liatnya ya 😔 Apalagi kl aku ngecek perutnya kembung gitu. Duh kita yang orang dewasa aja kalau mengalami hal kyk gitu pasti nggak nyaman bgt.Kalau CMB-ers disini mengalami hal seperti itu, apa yang akan dilakukan oleh CMB-ers sekalian? Kalau aku sih sekarang udah punya senjata pamungkas yang bersama melindungi si kecil dari perut kembung. Dan aku tipikal orang yang nggak sembarangan dalam memilih perlengkapan bayi jadi sebelum aku menentukan …